Kamis, 23 November 2017

AFP GRAND DEMO : JAMINAN KUALITAS PRODUK SUSU DAN KEJU




Waktu dapat undangan menghadiri Grand Demo Fonterra di Hotel Clarion, saya sempat bertanya-tanya, ini perusahaan apa yah? So, untuk memuaskan rasa penasaran saya pun googling. Ternyata, Fonterra ini salah satu produsen dairy terbaik di Indonesia, memproduksi susu dan keju, 

Sebenarnya, saya adalah penggemar berat susu dan keju. Namun, sejak divonis menderita IBS, mau tak mau saya harus sadar diri untuk sangat membatasi produk susu dan turunannya seperti keju dan yogurt. Namun, karena pada dasarnya memang suka, saya tidak bisa untuk tidak menghadiri undangan dari Fonterra itu :). Jadilah, tanggal 16 November 2017 pagi saya meluncur ke Hotel Clarion.













Apa sih Fonterra itu?

Barangkali, ada yang bertanya-tanya apa sih Fonterra itu? Fonterra mungkin terdengar asing di telinga kita—seperti saya pada awalnya. Padahal Fonterra sudah beroperasi memenuhi kebutuhan susu dan keju di Indonesia sejak tahun 1970-an loh.  

Baik, bagaimana kalau saya menyebutkan beberapa nama produk seperti  Boneeto, Anlene, Anmum dan Anchor? Familiar kan? Nah, produk-produk tersebut merupakan produk-produk Fonterra. Dan, selain produk-produk tersebut, Fonterra juga memproduksi produk turunan susu, seperti keju.

So, bisa disimpulkan bahwa Fonterra itu merupakan produsen susu dan produk turunannya yang berasal dari New Zealand. Di New Zealand sendiri, Fonterra sudah beroperasi lebih dari 100 tahun. Amazing!

Sudah pasti produk-produk yang dihasilkan Fonterra memang produk yang terbaik, karena bisa bertahan sekian lama, hingga 100 tahun bukanlah hal yang mudah. Salah satu keunikan Fonterra ini, adalah : pemilik perusahaan 10.500 peternak sapi yang tergabung dalam sebuah koperasi. Keren yah?


Mengapa Makassar? 

Terpisah dari ruangan Grand Demo, yang menghadirkan para chef yang berbagi kereasi menu dengan menggunakn produk-produk Anchor, para blogger dan media terlebih dahulu mengikuti konfrensi press.

Konferensi pers menghadirkan Bapak Sigit Wijanarko, Foodservice Director Fonterra Brands Indonesia, Andriani Ganeswari, Corporate Communication Managetr PT. Fonterra Brands Indonesia, Ny. Liem, Chef Profesional dan Risma Wicaksono, Chef dari Makassar dengan brand yang akrab di sapa Mam Lala.

Penyelenggaraan Grand Demo Anchor Food Professional kali ini, yang memilih kota Makassar bukanlah tanpa alasan. Rupanya, Makassar dianggap sebagai kota yang sangat respontif, untuk perkembangan kuliner di Indonesia.

Apalagi, kota Makassar, merupakan salah satu 'surga' kuliner nusantara. Di sini industri makanan dan minuman sangatlah berkembang dan beragam. Apa itu berarti orang-orang Makassar doyan makan yah, seperti saya? :)



Tentang Anhor Food Professionals

Brand Anchor Food Professionals (AFP), mengalami perkembangan yang sangat pesat sejak diluncurkan secara global 2 tahun lalu. Tak hanya di Indonesia, Anchor Food Professionals juga memiliki kantor di beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Filipian, Taiwan, Hongkong Dubai, Arab Saudi, serta beberapa mitra lokal di beberapa negara.

Untuk Indonesia sendiri, menurut Sigit Wijanarko, Foodservice Director, Fonterra Brands Indonesia, memiliki potensi yang sangat besar untuk perkembangan bisnis foodservis. Saat ini, AFR di Indonesia terdistribusi hingga 21 kota dengan chef yang bergabung di AFP mencapai 14 orang


Oh iya, AFP juga konsen pada kuliner-kuliner lokal loh. Ada banyak kreasi makanan yang memadukan kuliner lokal dengan produk-produk dairy, semisal Seblak Mozarella di Bandung, kue lekker di semarang yang ditambahin mozarella dan di Makassar ada coto diberi Anchor Cooking Cream. Hmm, jadi penasaran gimana rasanya :)

Butter, susu, keju alami, cream cheese, cooking cream, dan hot kitchens  applications merupakan beberapa produk Anchor Food Professional. Dengan  komitmen pada kualitas, produk-produk Achor Food Profesional disajikan dengan dedikasi yang tinggi, berpadu dengan koki serta teknisi berpengalaman dan didukung oleh tenaga pemasaran yang handal.

Sedangkan menurut  Ibu Andriani Ganeswari, yang akrab disapa Mbak Anes, "Fonterra Brands Indonesia berkomitmen untuk memberikan kualitas tinggi bagi setiap produknya melalui prisip Trusted Goodness. Fonterra Brand menjadi setiap rantai proses from grass to glass, yang berstandar kelas dunia. 

Dikombinasikan dengan komitmen selama 30 tahun mendorong potensi industri makanan dan minuman Indonesia, serta menginspirasi setiap keluarga di Indonesia untuk memperbaiki kulitas hidup dengan nutrisi terbaik dari susu,  untuk Indonesia yang lebih sehat, kuat dan bahagia.

Hadir pula pembicara lain : Ibu Achen yang merupakan perwakilan Ny.Liem. Menurut Ibu Achen, Makassar sangat kaya dengan aneka makanan yang enak, yang bisa dikreasikan dengan produk olahan susu, sehingga menghasilkan rasa yang lebih sedap. 


Ibu Achen yang sudah beberapa kali berkunjung ke kota Anging Mammiri ini, optimis Makassar akan menjadi pusat kuliner di Indonesia Timur, sebab para food professional di Makassar dinilai mampu mengikuti tresn kuliner yang semakin maju dan berkembang

Pembicara lainnya Risma Wicaksono, menuturkan bahwa tren kuliner di Makassar juga mengikuti permintaan pasar yang sama dengan kota lainnya. Sebagai salah satu pelaku bisnis kuliner di Makassar, Risma menjelaskan bahwa kuliner  tradisiional tetap tak tergantikan meski kuliner modern semakin berkembang.


Dia pun berbagi rahasia bisnis kuliner miliknya, yaitu menggunakan produk dari Anchor yang sudah terjamin kualitasnya sejak dulu. Sehingga menghasilkan makanan dan minuman yang enak serta berkualitas tinggi.



Ada beasiswa dari Fonterra

Oh iya, ada hal menarik lainnya dari Fonterra, selain berkomitmen di bidan persusuan dan produk-produk turunannya,  ternyata Fonterra menyediakan beasiswa bagi peternak sapi perah lokal. Nah, beasiswanya tersebut berupa pelatihan yang diselenggarakan di Indonesia dan Selandia baru. 

Program beasiswa ini, bekerjasama dengan direktorat peterneakan dan kesehatan hewan, kementrian Republik Indonesia. Program beasiswa ini sudah dimulai sejak tahun 2013, dan saat ini telah melatih 39 peternak dan 9 orang petugas lapangan.

Untuk memperoleh program beasiswa Fonterra dairy scholarship ini, ada beberapa syaratnya :
1. Memiliki peternakan sapi sendiri, minimal 3 tahun
2. Punya 5 ekor sapi
3. Untuk petugas lapangan, punya pengalaman bekerja selama 2 tahun
4. Peserta yang lulus dari program ini, wajib membagi ilmunya untuk pengembangan industri sapi perah lokal ke sesama pelaku industri susu.

Hingga tahun 2016, sudah ada 1200 peternak sapi lokal dan industri yang memperoleh manfaat pelatihan, oleh peserta penerima beasiswa yang telah lulus.

Program Fonttera Dairy Scholarship tahun 2017 ini, diadakan di BBPTU-HPT Baturadden, Banyuman, Jawa tengah olehActing Managing Director Fonterra Brands Indonesia, Mandar Namjoshi Dan General Manager Community Programme Fonterra New Zealand, Chris Ward. Acara peluncuran beasiswa ini juga turut dihadiri perwakilan dari pemerintah, diantaranya : Direktur BBPTU-HPT Baturadden Sugiyono, Ketua Dewan Persusuan Nasiional Teguh Boediyana.

Konfrensi press ditutup dengan demo masak oleh Chef Yus, yang menyajikan Mango Cheese Drink. Ini hasil kreasi jus mangga yang sedang 'in' dipadukan dengan Achor Whip Cream dan Achor Cream Cheese. Kalau soal rasa, kata teman-teman blogger enak banget. Namun, saya sendiri tidak berani coba meski pengen, takut IBS ku kambuh hehehe.


Seusai konfrensi press, saya dan kawan-kawan blogger bergegeas menuju tempat Grand Demo. Luar biasa membludak penontonnya. Sayang saya tidak bisa tinggal lebih lama untuk menimba ilmu dari beberapa chef  keren hari itu seperti chef Yus Adriana, Shef Petrus Nugraha,serta Chef tamu Ibu Achen.



Ternyata, antusias warga Makassar di bidang kuliner sangat luar biasa, dan tidak kalah dari kota-kota besar lainnya di Indonesia. Tak salah memang, jika Fonterra memilih Makassar sebagai tempat Grand Demo produk-produknya. Semoga ke depannya acara serupa bisa lebih sering diadakan oleh Fonterra di Makassar :). []



2 komentar:

  1. Kalo sebut Fonterra mungkin sebagian orang gak tau, tapi kalo sebut Anchor pasti semua sudah tau. Di ingatan langsung muncul gambar logonya, hihiii..

    BalasHapus
  2. Fonterra memang kece program dan produknya😍😍

    BalasHapus