Jumat, 09 Desember 2016

Tahu Banyak Tentang Travel dan Blog di #NgopiBarengTiket

Sabtu pagi 3 Desember, Makassar basah oleh hujan yang turun sejak pagi. 

Weekend dan hujan, biasanya identik dengan mager--males gerak, dan pengennya bergelung dengan selimut di kamar saja. Namun, tidak  Sabtu itu. 

Seusai sholat subuh, saya sudah tak sabar ingin cepat-cepat pagi dan mengahadiri sebuah event bernama #NgopiBarengTiket. 

Menurutku, ini salah satu event keren, yang kudu saya hadiri. That's why, pas diinfokan seorang teman, tanpa pikir panjang saya langsung daftar, karena takut kehabisan seat

Meski, hujan sejak pagi menderas, alhamdulillah saat saya bersiap-siap ke hotel Melia tempat acara akan berlangsung, hujan mulai mereda. Sehingga, saya bisa tiba di hotel sekitar 20 menit sebelum acara dimulai.


Setelah registrasi, dan mengambil tempat duduk di deretan kedua, saya ke belakang untuk mencicipi aneka kue cantik dan enak, yang telah disediakan pihak hotel untuk breakfast.

Sepuluh menit kemudian, setelah menghabiskan sarapan, dan duduk manis di tempat yang tadi saya pilih, acarapun dibuka oleh MC yang merangkap moderator.

Tau ga, yang bikin acara ini makin keren? Ternyata, bukan cuman pematerinya lho yang keren-keren, pembaca acaranya juga tak kalah luar biasa. Beliau adalah Nuniek Tirta Sari, seorang blogger dan founder of Indonesia Lifestyle Digital Influencer Group.



All About Tiket.com

Pemateri pertama, adalah Bapak Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Communication Tiket.com. Pak Gaery memulai pemaparannya dengan menjelaskan alasan mengapa kota Makassar menjadi salah satu kota yang dipilih Tiket.com mengadakan road show.

Makassar, sebagai salah satu dari lima kota besar di Indonesia, merupakan kota di luar Jawa, dengan pertumbuhan digital penetration yang sangat menjanjikan. Dengan pertumbuhan mobile devices yang sangat tinggi.

Sehingga, Tiket.com yang didirikan bulan Agustus 2011 dan mulai live di bulan Desember 2011 ini, melirik kota Makassar  untuk membuka kantor representatif berikutnya, setelah di Jakarta, Bali serta Jogja.

Dalam penjelasan selanjutnya, Co-Faunder Tiket.com ini, juga menjelaskan beberapa prestasi dan pencapaian serta kelebihan Tiket.com dibandingkan kompetiternya.

Diantara prestasi  yang cukup luar biasa, adalah Tiket.com hanya butuh waktu 1,5 tahun untuk menduduki peringkat pertama online agen kereta api. Amazing!

Pak Gaery juga menjelaskan ada dua point penting, mengapa Tiket.com beda dari yang lain, yaitu :
  1. Tiket.com 100 persen Indonesia mulai dari founder, owner, karyawan hingga investornya, semua asli Indonesia. 
  2. Tiket.com, menciptakan ekosistem dan cara informasi untuk network information

Nah, kalau ada yang bertanya, kenapa mesti Tiket.com sih? Kan banyak tuh agen serupa yang sudah lebih lebih dulu eksis ketimbang Tiket.com.

Nih, saya kasih tahu yah, beberapa hal yang membuat Tiket.com layak jadi pilihan kita :

1.    Harga Kompetitif. Menurut Pak Gaery, orang Indonesia itu type yang loyal sama harga dan bonus. So, Tiket.com memberikan harga yang lebih murah di kelasnya. Selain itu, Tiket.com juga sering mengadakan berbagai promo discount.

2.     Tiket.com menciptakan sesuatu yang sifatnya long term

3.    Yang tak kalah menarik adalah affiliate partner dan offline agent reseller. Tiket.com menciptakan platform untuk penjualan tiket, serta bermitra dengan Tiket.com. Fasilitas ini memberikan peluang yang menjanjikan untuk mereka yang ingin berbisnis di bidang travel

Sebagai info nih, buat yang suka travel kamu bisa dapatkan diskon gede untuk hotel di Tiket.com lho!  Dan, jangan takut bertransaksi di Tiket.com, sebab aman dan memberikan solusi tuntas untuk kamu yang ingin bepergian ke mana saja.

Beragam award di bidang Business and Technology juga telah diraih Tiket.com. Salah satunya Top Brands 2016 serta No.1 online agent di Indonesia PT.KAI. Prestasi ini menjadi jaminan kualitas pelayanan  Tiket.Com


Ada hal yang sangat spesial dari pelayanan Tiket.com ini, yaitu  Last Minute Deal.


Tahu kenapa Last Minute Deal ini istimewa? 
Sebab, buat kita-kita yang sering booking tiket dadakan, kisaran satu hingga 3 jam sebelum penerbangan ini merupakan kabar baik.


Tiket.com memahami tabiat orang Indonesia, yang senang melakukan sesuatu di saat-saat kepepet. Sehingga, inilah yang melatarbelakangi hadirnya pelayanan Last Minute Deal. Dan, ini paketnya lengkap banget, bukan hanya  flight booking tapi juga fasilitas last minute hotels booking. Komplit plit, dengan penawarn diskon bisa sampai 70 persen. Keren kan?





Monotizing Blog

Sesi kedua #NgopiBarengTiket, dibawakan seorang blogger senior dari Makassar,  Kak Mugniar Marakarma. Mengusung tema Monetizing Blog through Empowering & Magnetizing Content, Kak Niar— begitu beliau biasa disapa, membagi ilmu dan pengalamannya menjadi seorang blogger.


Sejak mulai memutuskan lebih serius nge-blog, saya paling sering bertanya pada beliau. Senior saya di kampus ini, salah satu sosok inspiratif buat saya, karena ketekunan dan kegigihannya. Beliau juga tak segan membagi ilmunya pada  orang-orang yang baru belajar, seperti saya ini. 


Banyak hal yang saya catat dari pemaparan Kak Niar, diantaranya :

·     Content is a King. Tentu saja, konten perlu mendapat perhatian,sebab salah satu daya tarik blog terletak pada isinya. Lah, gimana bisa orang mengunjungi blog kita kalau tak ada konten? Yang pasti, Kak Niar menjelaskan, bahwa seorang blogger sebisa mungkin membuat konten yang memikat hati pembacanya.

·      Sampai ke hati, pesan yang ingin disampaikan dari konten itu sendiri kudu sampai di hati pembaca konten blog kita. So, menurut saya bila ingin sampai ke hati pembaca kita, menulislah dengan hati. Hmm J

·       Menarik Tak Melulu Soal Cantik, by the way, ada satu pesan yang sangat bagus dari Kak Niar: "Jangan terlalu gundah dengan tampilan blog yang menurut kita tidak cantik".   Sebab tampilan menarik  tak selalu identik dengan cantik.

·   Gaya menulis yang mudah dimengerti. Ini salah satu hal yang penting. Sebab, gimana mau sampai ke hati pesan kita, bila pembaca tak mengerti tulisan kita. Bener kan?

·        Tulisan jujur, No acting.  Tulisan yang jujur, lebih mudah ngena di hati pembaca kita lho

·   ‘Pungut’  ide menulis dari mana saja.  Kadang, kita mengeluh, kita ga bisa nulis karena kering ide. Padahal, kata Kak Niar ide bisa ditemukan di mana saja. Dari kejadian di sekitar kita. So, jangan jauh-jauh nyari ide, perhatikan saja kejadian di sekitar kita. 


Hal-hal yang tak kalah penting, yang saya catat dari penjelasan Kak Niar, adalah bagaimana seorang blogger bersikap. Beliau menekankan pentingnya seorang blogger menjaga sikap di antara sesama blogger.

Di samping itu, Kak Niar juga menyarankan seorang blogger untuk berkomunitas,  biar ilmu dan pergaulannya makin bertambah.

Untuk yang bingung bagaimana seorang blogger bisa berpenghasilan, Kak Niar menjelaskan pintu rezeki  melalui blog, antara lain : review produk, link dalam konten, affiliate buzzer, content writer, content placement, dan administrator media sosial.

Kak Niar juga menyampaikan beberapa nasehat penting untuk seseorang yang ingin serius ngeblog, yaitu mau menikmati prosesnya. Seorang blogger, harus konsisten, tak berhenti belajar, melakukan  blog walking untuk mengusahakan visitor.  

Dan, jangan lupa memaksimal sosial media yang kita punyai untuk mendukung kegiatan ngeblog kita. 

Oh iya, Kata Kak Niar, rejeki dalam ngeblog tak melulu dalam bentuk fee. Yang jelas, kita mau memberikan kerja berkualitas sebelum menuntut hak kita.


Dalam sesi ini, selain kak Niar, Mba Nuniek selaku moderator juga berbagi ilmu tentang blog.  Menurut Mba Nuniek, untuk monotizing blog selain kekuatan konten, seorang blogger bisa memilih jalur personal branding.

Seorang blogger membangun personal branding, dengan beberapa cara yaitu: get awarness, interesting, planning, action dan optimalisasi diri. 

Membangun personal branding, cara yang tepat untuk membuat orang mengenal diri kita. Sehingga, terkadang sebuah brand, memilih kita menjadi mencitrakan produk mereka karena kekuatan personal branding kita itu.


Sekali lagi, media sosial salah satu sarana yang cukup potensial untuk dimanfaatkan membangun personal branding. Dari Mba Nuniek saya juga akhirnya tahu apa itu rate card dan banyak lagi ilmu keren lainnya.

Pokoknya, Sabtu itu rugi banget kalau sampai saya tak hadir.  Banyak ilmu baru yang saya peroleh, dan sebenarnya saya juga berharap bisa dapat doorprize berupa voucher senilai 500 ribu dari Tiket.com. Sayang, bukan rejeki hehe.

Saat acara berlangsung, Tiket.com juga mengadakan kompetisi live tweet, dan saya begitu semangat mengikutinya. Namun sayang,  lagi-lagi bukan rejeki saya, hehe. Semoga next time better.

Acara ditutup dengan foto-foto dan makan siang. Alhamdulillah, Sabtu yang luar biasa bersama Tiket.com di event #NgopiBarengTiket.  

Saya pulang dengan ilmu serta inspirasi baru dan goodie bag dari Tiket.com :) []

See Yaa Next Event!




4 komentar:

  1. Lengkapnya Umma. Terlihat kalo Umma mencatat.
    Moga sukses yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lamanya mi koment ta kak, baru kuliat... maafkan ka

      Hapus