Jumat, 26 Juni 2015

Goodbye, Mr. Adam Lavine!

Dalam kamus Oxford online, idol berarti “An image or representatiion of A God used as an object of worship”.
“Yaitu berupa gambaran atau perwujudan Tuhan yang dijadikan objek pemujaan. Selain itu idol bisa berarti seseorang yang dikagumi oleh banyak orang (idola pop) atau patung atau gambar dewa yang disembah. ” (*
Beberapa hari lalu seorang teman mengirim pesan via WA dan meminta saya mengiriminya beberapa lagu-lagu Maroon 5. Dan, saya hanya menjawab sudah tidak punya koleksi lagu-lagu yang dimintanya.” Saya sudah berhenti mengidolakan si Adam Lavine,” tambahku
Begitulah kiranya, ketidaktahuan seseorang membawa kegelapan dan kebodohan. Dan sebelum tahu, sayapun mengidolakan seorang yang bernama Adam Lavine. Front man grup Maroon 5 ini, langsung membuat saya suka, kali pertama muncul dengan hitnya This Love beberapa tahun yang lalu.
Begitulah. Rasa ‘suka’ membuat saya mengoleksi lagu-lagunyanya bahkan menghafal sebagian besar lirik lagunya. Meski tidak ikut-ikutan mengeloksi fotonya tetap saja ini cukup memilukan.
Dan, jika menilik asal kata Idol yang bermakna perwujudan Tuhan yang dijadikan obyek pemujaan, sungguh ini bisa mencederai ketauhidan seorang muslim yang mana hanya Allah ta’ala yang berhak ia sembah dan puja.
“Ibnu Qayyim mengatakan bahwa thaghut adalah segala sesuatu (selain Allah) yang disembah, diikuti, dan ditaati hingga melampaui batas seorang hamba. Umar mengatakan bahwa thaghut adalah setan. Jabir mengatakan bahwa thaghut adalah dukun yang selalu didatangi setan. Imam Malik mengatakan thaghut segala yang disembah selain Allah.
Suatu masalah yang besar, yaitu ibadah kepada Allah tidak bisa terwujud dengan benar kecuali mengingkari thaghut.” |Kitab Tauhid — Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab.
Padahal di antara keutamaan tauhid, adalah terhapusnya dosa-dosa seorang hamba. “Janganlah engkau adakan sesembahan yang lain di samping Allah, agar engkau tidak menjadi tercela dan ditinggalkan (Allah),” (QS. Al Isra : 22).
Cukup sampai di sini. Goodbye Mr. Adam Lavine. Sebagai muslim seyogianya tak mengidolakan artis, tokoh, ikutan menjadi idol dan mendukung acara idol. []

*)  Majalah Elfata Edisi 02 Vol.14


Tulisan ini pernah di muat di :
https://www.islampos.com/goodbye-mr-adam-lavine-107583/
Ahad 26 Jamadilakhir 1435 / 27 April 2014 18:46


Tidak ada komentar:

Posting Komentar